Jumat, 31 Juli 2009

RENCANA STRATEGI RSU RA KARTINI JEPARA TAHUN 2008 – 2013

Ringkasan

A. Rencana Strategis Bisnis Rumah Sakit Umum RA Kartini Jepara memuat pernyataan Visi, Misi, Program Strategi, Pengukuran pencapaian kinerja, rencana pencapaian lima tahunan dan Proyeksi keuangan lima tahunan.

B. Visi Rumah Sakit Umum RA Kartini Jepara dirumuskan sebagai berikut :

Menjadi Rumah Sakit Pilihan Pertama dan Utama ”.

C. Dalam rangka untuk mewujudkan Visi tersebut, didukung Misi Rumah Sakit Umum RA Kartini Jepara sebagai berikut :

RSU RA Kartini ingin menempatkan diri menjadi pilihan pertama dan utama bagi masyarakat Kabupaten Jepara dan sekitarnya dalam hal pelayanan Rumah Sakit. Pilhan pertama dan utama sudah mencakup berbagai aspek seperti : Transparansi, Akuntable, Pelayanan Prima, bersih dan Profesional.

D. Berdasarkan analisis tentang kondisi pasar yang meliputi analisis eksternal, analisis internal dan SWOT, maka Issue pengembangan RSU RA Kartini Jepara untuk lima tahun mendatang diformulasikan sebagai berikut :

a.

Adanya peluang untuk meningkatkan kunjungan pasien rawat jalan dengan mengembangkan jenis pelayanan medis dan penunjang namun jumlah tenaga medis dan ruang pelayanan rawat jalan masih kurang.

b.

Adanya peluang untuk mengembangkan pelayanan VIP untuk masyarakat Kabupaten Jepara dan sekitarnya, namun jumlah tenaga medis dan paramedis relatif masih kurang.

c.

Adanya peluang untuk mengembangkan pelayanan rawat inap dengan menambah ruang perawatan rawat inap pasien jiwa namun jumlah tenaga medis dan paramedis masih kurang dan belum memiliki gedung perawatan pasien jiwa.

d.

Adanya peluang untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan merehabilitasi gedung perawatan lama namun alokasi dana untuk fisik bangunan sangat terbatas.

e.

Ada peluang untuk mengembangkan pelayanan kesehatan Geriatri dengan meningkatnya jumlah penduduk usia 50 tahun keatas, namun RSU RA Kartini Jepara belum memiliki tenaga spesialis untuk kasus Geriatri dan peralataan medis masih kurang.

f.

Adanya peluang untuk mengembangkan Instalasi Pemulasaraan Jenazah rumah sakit namun sampai saat ini masih ditangani oleh pihak ketiga dikarenakan belum adanya tenaga yang menangani jenazah tersebut serta belum adanya Prosedur tetap (Protap).

g.

Adanya peluang untuk mengembangkan jenis pelayanan dengan menambah pelayanan CT Scan namun peralatan kesehatan CT Scan belum dimiliki oleh RSU RA Kartini Jepara.


E. Dengan mempertimbangkan Misi Rumah Sakit Umum RA Kartini Jepara, Issue pengembangan tersebut digunakan untuk penetapan strategi sebagai berikut :

a. Strategi yang akan ditempuh untuk meningkatkan cakupan pasar adalah dengan meningkatkan kepuasan pelayanan, meningkatkan kualitas dan profesionalisme tenaga medis, paramedis dan administrasi.

b. Strategi yang akan ditempuh untuk masuk ke segmen pasar canggih adalah dengan menambah jumlah mesin Hemodialisa dan menambah jenis pelayanan penunjang CT Scan.

Strategi yang akan ditempuh untuk meningkatkan dan mengembangkan pelayanan adalah dengan menambah pelayanan poliklinik dan pelayanan rawat inap, menambah jumlah tenaga medis dan paramedis.

2 komentar:

  1. semoga RSUD kartini selalu bergerak maju. AMIN

    by http://mbahronsen.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. saya harapkan segera buat situs resmi rsu kartini...
    sekarang sudah tahun 2012...
    bukan zamannya blog gratis lagi, tapi minimal punya website sendiri...
    supaya kami dapat mengetahui lebih dalam tentang rsu kartini...

    BalasHapus